Minggu, 22 April 2012

Apakah perangkat Nokia mendukung panggilan VoIP/Internet dan bagaimana cara menggunakannya? - Nokia Tanya-Jawab

Apakah perangkat Nokia mendukung panggilan VoIP/Internet dan bagaimana cara menggunakannya? - Nokia Tanya-Jawab

Ya, panggilan Internet VoIP didukung. Tersedia dua pilihan untuk mengaktifkan VoIP di perangkat Nokia (perangkat S60 Edisi Ketiga Paket Fitur 2).
 1. Menggunakan aplikasi VoIP atau pengaturan yang di-download melalui Download! atau Ovi Store
  • Buka Menu > Download! atau Kios Ovi
  • Download dan instal pengaturan VoIP atau aplikasi VoIP (Pengaturan VoIP Gizmo, Fring) atau aplikasi seperti VoIP lainnya (iSkoot untuk Skype).
  • Berlangganan layanan dan dapatkan account pengguna dari penyedia layanan jika belum memiliki account di Gizmo, Skype, atau penyedia layanan lain, misalnya MSN messanger, Google Talk, Yahoo!, dll.
  • Tab baru untuk layanan VoIP yang diinstal (misalnya, VoIP Gizmo) akan ditampilkan dalam menu Kontak.
  • Aktifkan layanan panggilan di Kontak dengan membuka Menu > Kontak > tab VoIP Gizmo, lalu memilih Pilihan >Aktifkan layanan.
 Perlu diketahui bahwa ketersediaan layanan (Gizmo, Fring, iSkoot untuk Skype) dapat beragam menurut negara dan di berbagai model perangkat. 
2. Menggunakan VoIP yang terinstal di telepon
  • Berlangganan layanan VoIP dan dapatkan account pengguna dari penyedia layanan.
  • Terima pengaturan SIP VoIP dari penyedia layanan ke telepon atau konfigurasikan pengaturan secara manual.
  • Bila mengkonfigurasi pengaturan secara manual, aplikasi Pengaturan VoIP SIP terpisah harus diinstal di perangkat. Aplikasi tersebut dapat di-download dari Forum Nokia:
  • Konfigurasikan profil SIP di Menu > Peralatan (atau Pengaturan atau Panel kontrol) > Pengaturan > Sambungan > Pengaturan SIP.
  • Gulir ke Menu > Peralatan (atau Pengaturan) > Konektivitas > P'atur. I'net > Pengaturan VoIP lanjutan > Layanan VoIP (atau di beberapa perangkat, Menu > Panel kontrol > P'atur. I'net > Pengaturan VoIP lanjutan > Layanan VoIP), lalu buat layanan VoIP (perlu diketahui bahwa menu ini tidak akan tersedia hingga aplikasi Pengaturan SIP VoIP diinstal).
  • Pastikan layanan VoIP telah terhubung ke profil SIP yang dibuat di atas (lihat submenu Profil SIP yang digunakan). 
  • Layanan VoIP (misalnya, Penyedia) akan ditampilkan di Kontak setelah pengaturan SIP VoIP dikonfigurasi dengan benar.
  • Buka Menu > Kontak > tab Penyedia, lalu pilih Pilihan > Aktifkan layanan.
Setelah layanan diaktifkan, panggilan Internet dapat dibuat dengan memilih Pilihan > Panggilan > Panggilan Internet atau dengan memasukkan nomor dan memilih Panggilan Internet di layar awal.

KIRIM KOMENTAR ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar